4 Tool SEO Wajib untuk Digunakan Saat Optimasi

April 1, 2018

Menggunakan bantuan dari jasa SEO website dan toko online untuk membantu Anda meningkatkan kualitas dan performa dari website dan toko Anda memang bisa menjadi cara yang sangat efektif. Anda tidak perlu susah payah melakukan optimasi karena semuanya akan ditangani oleh jasa tersebut. Tapi tetap saja, yang namanya optimasi website dan toko online dengan menggunakan jasa SEO hanyalah sementara.

Biasanya ada rentang durasi sebuah proyek optimasi yang ditangani jasa tersebut. Setelah durasi tersebut habis, Anda memang bisa memperpanjangnya atau berusaha melanjutkan optimasi sendiri. Jika pilihan kedua adalah yang Anda pilih, mau tidak mau Anda wajib tahu tools SEO yang harus Anda punyai dan gunakan dengan baik. Apa sajakah tools tersebut? Yuk, mari kita tengok sama-sama.

  1. Google Search Console (GSC)

google serach konsul

Mungkin bagi Anda yang sudah nyemplung di dunia bisnis online dalam jangka waktu yang sudah lumayan lama, Anda lebih familier dengan nama Google Webmaster Tool (GWT). GSC ini merupakan update terbaru dari GWT. Fungsi utama dari tool ini adalah untuk mengetahui tingkat seberapa “sehat” website Anda. Dan tentunya ada banyak fungsi on-page SEO yang beraneka ragam yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan tool ini.

Dalam hal pemeriksaan kesehatan website Anda, tool ini akan melakukan pengecekan terhadap apakah ada malware yang menginfeksi website Anda. Kemudian, tool ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah index dan juga crawling. Pengecekan terhadap link building juga bisa dilihat dengan menggunakan tool ini serta masih banyak lagi fungsi yang lainnya.

  1. Google Analytics

google analyts

Orang bijak berkata, “Kenali musuhmu untuk memenangkan pertarunganmu”. Nah, tool ini kurang lebih akan membantu Anda untuk mengenali “musuh” tapi dalam hal ini musuh yang dimaksud adalah pengunjung website Anda. Dengan semakin mengenali pengunjung website Anda, Anda bisa lebih mudah membuat strategi ke depannya untuk semakin memajukan website Anda.

Sebagai contoh, melalui tool ini, Anda bisa melihat jumlah returning visitor, presentase banyaknya bounce rate yang terjadi di website Anda, keyword mana yang mendatangkan visitor, dari mana pengunjung website Anda berasal, dan lain sebagainya.

  1. Ahrefs

ahrefs

Fungsi utama dari tool ini adalah untuk melihat backlink dari website pesaing Anda. Seberapa pentingnya melihat backlink tersebut? Perlu Anda tahu, backlink sangatlah krusial peranannya dalam menentukan kualitas sebuah website. Ketika sebuah website memiliki backlink dalam jumlah yang banyak dan berkualitas, maka potensi website tersebut untuk mendapatkan posisi yang baik di Google akan menjadi semakin besar karena backlink bisa dijadikan tolok ukur seberapa valid dan berkualitasnya website tersebut sampai-sampai “direkomendasikan” oleh website lain melalui backlink.

Dengan melihat backlink dari pesaing Anda, Anda bisa melihat potensi untuk mendapatkan backlink-backlink yang sama tersebut yang bisa diarahkan ke website Anda. Dengan demikian, Anda bisa semakin meningkatkan panasnya persaingan. Sayangnya Ahrefs ini berbayar. Tapi jangan kuatir, ada alternatif tool lain yang memiliki fungsi sama tapi gratis. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba RankSignals.

  1. CopyScape Premium

copyscape

Khusus untuk tool yang satu ini, hukumnya sebenarnya tidak terlalu wajib tapi sangat disarankan. Fungsi tool ini adalah untuk melihat seberapa original konten website Anda. Anda harus tahu bahwa Google sangatlah menyukai konten-konten yang asli dan original bukannya hasil jiplakan (meskipun tidak 100% menjiplak).

Ketika Anda sedang membuat konten khususnya yang berbentuk artikel, Anda bisa mengecek seberapa original artikel tersebut dengan menggunakan tool ini sebelum artikel tersebut Anda post ke website. Jika memang masih ditemukan beberapa unsur jiplakan, Anda bisa memperbaikinya semaksimal mungkin.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *